Ads (728x90)

Tangisan hewan qurban ketika akan di qurbankan ?

13818448671690582553
pernahkah kalian  mengamati hewan kurban yang ada di  tempat penyembelihan hewan qurban
 sapi itu mengeluarkan air mata,  amati hewan kurban lainnya, ada 2 ekor kambing dan 2 sapi yang mengeluarkan air mata juga. Sambil makan pangan, hewan kurban itu bergerak kesana-kemari seolah-olah ingin lari dari tempat itu. Ternginang di benak saya mungkin hewan kurban yang menangis itu tidak mau disembelih atau itu memang sifat alamiahnya hewan yang ingin hidup bebas seperti manusia.
Saya terus mendekat ke seekor sapi yang menangis, saya pegangi tanduknya, sapi itupun beranjak diam dan duduk. Saya teringat kepada salah satu hadis dari A’isyah radhiyallahu ‘anha, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
“Tidak ada amalan manusia yang lebih dicintai oleh Allah untuk dilakukan pada hari Nahr (Idul Adha), melebihi amalan mengalirkan darah (qurban). Karena qurbannya akan datang pada hari kiamat dengan tanduknya, bulunya, dan kukunya. Dan darahnya akan menetes di tempat yang Allah tentukan, sebelum darah itu menetes di tanah. Untuk itu hendaknya kalian merasa senang karenanya.”
Hadits ini diriwayatkan oleh Turmudzi no 1493, Ibn Majah 3126, al-Hakim dalam al-Mustadrak 7523 )
Melihat kepada hadits diatas, saya berpikir, mungkin tangisan sapi itu adalah tangisan bahagia karena sapi tersebut akan menjadi saksi bagi orang yang menyembelihnya dan sapi itu juga akan mendapatkan tempat yang terbaik di kehadirat Allah. Sapi itu juga menangis karena merasa senang melihat kaum muslimim dapat memakan dagingnya, artinya daging sapi itu bermanfaat bagi kaum yang berhak menerima.
Yah begitulah kira-kira jawaban mengapa hewan kurban menangis sebelum disembelih..Itu merupakan kepatuhan hewan kurban kepada Sang Penciptanya.

Post a Comment

~Pengunjung yang shaleh dan shalehah pasti meninggalkan jejak ~
~Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau titip link, akan dihapus~

::::::::::::::::::::::::::::::Powered by :Blogger Rizky in Here::::::::::::::::::::::::::::::::::