Ads (728x90)

Windows 8 memang memiliki berbagai macam masalah, namun tidak untuk waktu bootingnya. Ya, boot Windows 8 sangatlah cepat sehingga jarang ada yang megeluhkan sektor ini. Walaupun boot pada Windows 8 sudah sangat cepat, namun terdapat beberapa trik lain yang akan membuatnya menjadi lebih cepat lagi. Apa sajakah itu?


1 Aktifkan Opsi Fast Startup

Windows 8 hadir dengan fitur Fast Startup yang akan menjadikan proses booting menjadi lebih cepat. Fitur ini banyak disebut sebagai “half hibernate” karena pada saat Anda men-shutdown komputer, beberapa data sistem dan driver akan disimpan dalam system drive. Sehingga ketika Anda menyalakan komputer, maka Windows tidak perlu lagi untuk menjalankan file-file tersebut dari awal.

Fitur Fast Startup ini sudah aktif secara otomatis ketika Anda menginstal Windows 8 sehingga Anda tidak perlu mengaktifkannya lagi. Namun banyak komputer yang mengalami masalah denga fitur ini karena hardware yang mereka gunakan tidak mendukungnya. Jika hal ini terjadi kepada komputer Anda, maka lebih baik Anda untuk menon-aktifkannya.  Caranya:


Buka Power Options,
Klik Choose what the power buttons do di sebelah kiri,
Buka Change settings that are currently unavailable di bagian atas,
Hilangkan ceklis pada opsi Turn on fast start-up (recommended) pada setting Shutdown di bagian bawah
Disable Startup Program

Windows 8 hadir dengan Task Manager yang lebih baik, salah satunya adalah dengan menyuguhkan opsi untuk men-disable berbagai program yang berjalan pada saat startup. Cara membukanya, klik kanan pada taskbar dan pilih Task Manager. Setelah itu, klik “More details” di sebelah kiri bawah, lalu buka tab Start-up.

Di sana Anda dapat men-disable berbagai macam program yang berjalan saat Start-up dengan cara mengklik tombol disable di sebelah kanan bawah. Men-disable berbagai program yang memiliki impact High atau Medium akan membuat boot Windows 8 menjadi lebih cepat.

Disable Startup Services

Cara terakhir yang dapat Anda lakukan adalah dengan men-disable Startup Service. Windows secara otomatis akan menjalankan berbagai service pada saat startup, yang mungkin di antaranya tidak Anda butuhkan. Untuk men-disable-nya, tekan Windows + R untuk membuka Run, kemudian ketik “msconfig” dan tekan OK.

Pada jendela System Configuration, klik tab Services. Di sana Anda dapat men-disable berbagai macam service yang tidak dikehendaki. Namun ingat jangan pernah men-disable berbagai services yang berkaitan dengan Windows dan hardware karena hal tersebut dapat menimbulkan masalah yang tidak diinginkan.

Kesimpulan

Beberapa cara yang Carisinyal berikan merupakan sebagian cara paling mudah untuk mempercepat boot Windows 8 tanpa aplikasi pihak ketiga. Beberapa cara di atas juga tentunya dapat digunakan untuk sistem operasi Windows 8.1. Apakah Anda memiliki cara lain untuk mempercepat proses booting di Windows 8 dan 8.1? Silahkan bagikan di kolom komentar di bawah ini.

Post a Comment

~Pengunjung yang shaleh dan shalehah pasti meninggalkan jejak ~
~Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau titip link, akan dihapus~

::::::::::::::::::::::::::::::Powered by :Blogger Rizky in Here::::::::::::::::::::::::::::::::::